top of page

Yok Liburan ke Widi, Maldives-nya Indonesia.

Dimanakah widi?

widi adalah gugusan kepulauan yang terletak di kabupaten halmahera selatan. terdiri dari 2 laguna yang dikelilingi rangkaian pulau-pulau yang masih alami meskipun dihuni oleh beberapa nelayan yg menetap permanen dan nomaden. ada yang mencatat jumlah pulau-pulau kecil di widi sekitar 99 pulau saat pasang naik, ada juga 103 pulau bahkan lebih dari 120 pulau saat pasang surut.

Bagaimana cara menuju kesana?

ada dua rute yaitu :

1. dari Ternate menuju Bacan dengan kapal reguler, dilanjutkan menyewa body / kapal nelayan untuk menuju kepulauan widi. lama perjalanan dari Bacan ke Kepulauan Widi berkisar 8 - 11 jam tergantung kecepatan kapal dan ombak.

2. dari Ternate menyeberang ke Sofifi kemudian melanjutkan jalur darat ke desa gane luar, kabupaten halmahera tengah, setelah itu dilanjutkan dengan menyewa body / kapal nelayan menuju kepulauan widi dengan menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 4 jam.

Apa istimewa nya Widi?

bikin kamu ogah pulang intinya.

Widi itu laguna dengan warna air laut yang indah sekali yaitu biru tosqa seperti yang sering kamu liat di foto maldives. pantai dan gusung nya banyak di dominasi dengan hutan bakau yang memberi limpahan kepiting, kerang dan berbagai macam ikan. kekayaan hayatinya melimpah ruah. spot snorkeling atau diving yang sangat menggiurkan untuk di eksplor. tebing lautnya dipenuhi karang dan kerumunan ikan yang sangat banyak. hutan di widi masih alami, meskipun ada kegiatan ilegal loging. hutan widi dipenuhi binatang liar seperti burung maleo, kepiting kenari, burung hantu, berbagai macam burung yang menghuni hutan mangrove. widi dikenal sebagai surga ikan. ada yang berkelakar bahwa ikan di widi belum bersekolah alias masih bodoh sehingga mudah dipancing. jika malas memancing, kalian bisa memesan kepada nelayan setempat. bicara saja kepada salah satu penduduk, nanti mereka akan mengantarkan ikan atau kepiting pesanan kalian yang masih segar karena baru mereka tangkap.

Apa yang bisa kamu lakukan di widi?

bermain di pantai sepuasnya, snorkeling, freediving, spearfishing, sport fishing, diving, camping, gantung hammock, bakar ikan, trekking di hutan, hopping island, hunting foto, dan hanya duduk di dermaga menikmati suasana pulau yang asri, sunyi dan indah udah cukup membuatmu bahagia tanpa syarat.

Apa keterbatasan di widi?

Tempat menginap.

ga ada tempat penginapan yang hommy. ada resort namun dikunci. opsi menginap bisa pasang tenda, flysheet atau gantung hammock di bangunan dermaga tanpa dinding. kecuali kamu punya izin dan memiliki kunci untuk membuka resort, maka kamu bisa menginap di resort pulau widi. di widi, kita dilarang berbuat gaduh dan tidur/berjalan sendirian tanpa teman. di widi , kepercayaan tentang hal hal mistis sangat dipegang teguh oleh warganya. daripada kamu kenapa-kenapa lebih baik hormatilah pantangan yag dijaga oleh penduduk widi, jangan sampai kamu kesurupan hingga lari ke dalam hutan kemudian menghilang tak bisa ditemukan, wassalam.

MCK

ada toilet dan kamar mandi tapi ga ada air dan sebagian rusak. ada 1 sumur khusus air minum warga. boleh dipakai dengan cara menimba manual atau menggunakan mesin alkon yang kita bawa sendiri. warga pulau memperingatkan jangan mandi didekat sumur air minum ini. letak sumur khusus mandi tidak jauh dari sumur air minum, hanya saja airnya terbatas. sumur ini adalah tandon yang dikubur didalam tanah. airnya bersih namun tidak banyak. jika ingin mandi di tempat tertutup, maka bersihkanlah bangunan kamar mandi di dekat sumur dan angkat air pakai ember ke kamar mandi.

Kapal Hopping island

agak sulit mencari body / kapal nelayan untuk disewa hopping island. kapal mereka berkapasitas kecil. kebanyakan terbuat dari kayu dan fiberglass yang sebenarnya kurang laik untuk mengangkut penumpang yg banyak sekaligus. kapal yang kami naiki terbuat dari fiberglass yang bagian depannya retak parah hingga sempat membuat kami panik saat terhempas ombak besar. pilih kapal yang cukup baik kondisinya dan jangan memaksa hingga kelebihan kapasitas, saat snorkling diluar laguna, ombak laut bisa berubah drastis dari tenang menjadi berombak besar seketika. bagi yang hafal dengan jam arus pasang naik dan surut air laut, bisa membaca perubahan ombaknya. ingat, Rumah Sakit jauh dan sulit meminta bala bantuan jika terjadi kecelakaan.

Sinyal ponsel

sinyal ponsel ada tapi terbatas untuk telpon dan sms bagi provider Telkomsel. sinyal hanya ada di satu tempat di dermaga Daga Widi yang ditandai dengan tiang kayu dengan tempat khusus Hape yang dibuat dari botol oli bekas.

Apa yang wajib dibawa untuk bertualang ke Widi ?

tenda, flysheet, alat pancing, alat snorkling/diving/freedive, Kamera, Drone dan baterai cadangan yang banyak, live vest, floaties, hammock , obat nyamuk dan logistik beras, bumbu dapur dan sayuran.

You Might Also Like:
bottom of page