top of page

Pesona Tun Sakaran Marine Park, Sempoerna Malaysia

Pusat Diving di Borneo yang Mendunia

Tun Sakaran Marine Park adalah Main Attraction dari Kota Sempoerna, Negara Bagian Sabah, Malaysia Timur. letaknya masih di Pulau Kalimantan (Borneo). cara menjangkaunya yang terdekat adalah dari tarakan atau nunukan, Kalimantan Timur. transportasi yang dapat digunakan adalah dengan pesawat terbang atau kapal ferry cepat.

Apa daya tarik utama Tun Sakaran Marine Park? Point of View nya adalah Perkampungan Suku Bajo Laut di atas air, Puncak Bukit Bohey Dulang dan Pulau Sipadan yang terkenal karena di renggut Malaysia dari kedaulatan NKRI. Tun Sakaran Marine Park adalah pusat penyelaman yang terkenal di dunia. Point utamanya adalah Pulau Sipadan yang merupakan Pulau termahal biaya diving & snorkelingnya.

Kampung di atas air Suku Bajau Laut

Pulau Mabul


Menurut pendapat saya, kalo cuma snorkelling saja sangat disayangkan. Lagipula terumbu karangnya tidak ada yang dangkal dan tidak bisa menyelam sembarangan kalau tidak mau ditangkap oleh tentara militer atau penjaga konservasi pulau. Tapi kalau kalian yang suka pemandangan alam landscape yang indah, maka siapkan kamera SLR mu, disini adalah tempat yang tepat.

Bagaimana rute yang harus dilewati untuk menuju Tun Sakaran Marine Park? Jalur trip yang saya lewati adalah, Balikpapan ~> Tarakan ~> Tawau ~> Sempoerna ~> Tun Sakaran Marine Park. moda transportasi yang saya gunakan adalah balikpapan ke Tarakan dengan naik Pesawat. dari tarakan ke Tawau, naik Kapal Ferry Cepat. dari Tawau ke Sempoerna, naik taksi gelap. kami berangkat jam 09.00 WITA dari imigrasi pelabuhan Kota Tarakan hingga sampai di Kota Sempoerna jam 05.00 sore waktu setempat.

Begitu sampai di Kota Sempoerna, suasananya santai dan banyak turis mancanegara berlalu-lalang. Bangunan resort dan cottage banyak didirikan di sepanjang pesisir kota Sempoerna. arsitektur bangunannya pun mirip dengan resort & cottage di Kepulauan Derawan dan Maratua di Kalimantan Timur. di pusat wisatawan, banyak hotel, penginapan, asrama backpacker, resort & cottage. selain ditunjang akomodasi yang lengkap untuk berbagai budget, kantor organizer trip juga banyak. jadi, kita tidak perlu bingung mencari open trip. semua paket diving, snorkeling dan hopping islands sudah tersedia lengkap. pelayanan wisata sangat baik dengan transportasi yang sangat bagus dan memenuhi standar keamanan. jadi berwisata ke Tun Sakaran Marine Park, sangat memanjakan mata baik daratan maupun keindahan bawah lautnya. pariwasata dikelola secara baik dan profesional.


Pusat Wisatawan Kota Sempoerna

Berikut objek wisata yang harus dikunjungi di Tun Sakaran Marine Park : 1.Pulau Bohey Dulang. disini ada pusat penangkaran kerang kima, bird watching, hiking menuju titik pandang puncak Pulau yang menampilkan pemandangan indah rangkaian Gunung Vulkanik. wisatawan akan diajak hiking sejauh 353 meter oleh Park Ranger menuju puncak tertinggi Pulau Bohey Dulang.










2.Perkampungan suku Bajau Laut yang terdapat di sekitar Pulau Bodgaya, Bohey Dulang, Maiga, Sibuan, Mantabuan di Kompleks Tun Sakaran Marine Park. Pulau ini memiliki sebutan unik yaitu Zombie Land. sering diplesetkan karena begitu kita melihat perkampungan Suku Bajau Laut, kita akan diserbu oleh wanita dan anak-anak suku bajau yang menjulurkan tangannya ke dalam speed boat wisatawan untuk meminta makanan.

3.Pulau Mabul. pulau ini mirip seperti Pulau derawan dan Maratua. disini banyak resort, water villa dan cottage. pulau ini merupakan pusat diving yang selalu ramai wisatawan. ada juga Oil Rig yang diubah menjadi Hotel unik yaitu Sea Ventures hotel rig. jika ingin membayangkan seperti apa Pulau Mabul, maka datanglah ke Dive resort di pulau maratua. itu merupakan miniatur dari Pulau Mabul. kawasan Resort, cottage, dan water villa Pulau Mabul lebih luas daripada Pulau Maratua namun arsitektur bangunannya sangat mirip. kecuali water villa di Pulau Mabul memiliki helipad untuk mendaratkan helikopter wisatawan borjuis.



4. Pulau Sipadan. Pulau ini menjadi surga bagi dunia Diving. pulau ini diperkenalkan pertama kali oleh seorang legenda di dunia Diving yaitu Jacques Costeau. Pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang mengundang decak kagum. oleh karena itu paling sering masuk di Natinal Geographic Chanel, Animal Planet, Discovery Chanel, dll. saya sendiri tidak pergi ke Pulau Sipadan karena budgetnya mahal. tahun 2015, paket snorkeling di Pulau Sipadan sebesar RM 750/day dan Paket Diving RM 1.000 (Kurs Rp.3400,-?RM)

You Might Also Like:
bottom of page