top of page

Kepulauan Balabalakang, Hidden Paradise Selat Makassar


Balabalagan adalah gugusan kepulauan yang terletak di Selat Makassar. masih termasuk dalam lanjutan dasar benua Pulau Kalimantan. terletak di perairan dangkal selat makassar antara pesisir Kalimantan Timur dan Palung Sulawesi.

Sebenarnya nama asli Balabalagan adalah Kepulauan Bala-balakang. namun karena salah pemahaman antara pengucapan dan penulisan sejak tahun 2012, hingga sebutan Balabalagan lebih terkenal karena mudah diucapkan oleh para pendatang.

Berdasarkan Wikipedia, Kepulauan Bala-balakang terdiri dari 14 pulau. berdasarkan pengalaman saya sebagai Explorer & Blogger Traveller, ada banyak gusung dan pulau yang sudah saya jelajahi dari rentang waktu 2013 hingga 2017 dalam 18 kali perjalanan ke Balabalagan. ada 17 Pulau Bernama dan 3 diantaranya belum saya jelajahi. 12 Pulau berpenduduk dan 6 pulau tidak berpenduduk. ada 10 gusung yang bernama yang saya tahu, selebihnya masih banyak gusung tak bernama yang tersebar di seluruh perairan Balabalagan yang belum pernah di dokumentasikan potensi bawah lautnya.

  1. Gusung Tandu (3 rangkaian gusung).

  2. Pulau Salissingan.

  3. Pulau Durian

  4. Pulau Kamariyang Besar.

  5. Pulau Kamariyang Kecil.

  6. Pulau Samataha.

  7. Pulau Saboyang.

  8. Pulau Popoongan.

  9. Pulau Sabakattang

  10. Pulau Sumanga.

  11. Pulau Anak Sumanga.

  12. Pulau Lamudaan.

  13. Pulau Malember besar.

  14. Pulau Malember Kecil.

  15. Pulau Labia.

  16. Pulau Seloang.

  17. Pulau Tapilagaan.

  18. Pulau Ambo.

  19. Gusung Karang Sauh (2 rangkaian Gusung)

  20. Gusung Sumanga.

  21. Gusung Lalungan (3 rangkaian Gusung).

  22. GUsung Popoongan.

  23. Gusung Samataha.

  24. Gusung Lamudaan. ingin bertualang ke kepulauan Balabalakang? silahkan hubungi Balabalagan Islands Open Trip Official dengan mengisi google form berikut : FORM RESERVASI


You Might Also Like:
bottom of page