top of page

Objek Wisata Kota Samarinda


Photo Credit by Arief Firmansyah

Masjid Islamic Center

Dikenal dengan nama Islamic center. terletak di tepian sungai Mahakam, Jalan Slamet Riyadi No. 1, Teluk Lerong Ulu, Sungai Kunjang.

Kompleks masjid ini merupakan kebanggaan warga Kota Samarinda karena termasuk bangunan Masjid terbesar kedua Se-Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal Jakarta.

memasuki Kompleks Islamic Center wajib mengenakan hijab bagi wanita.

Pada hari sabtu & Minggu, Menara Al-Kautsar dibuka untuk umum bagi pengunjung yang ingin menyaksikan pemandangan Kota Samarinda dari ketinggian 99 meter.


photo Credit By Arief Firmansyah

Masjid Shirathal Mustaqim

Masjid ini merupakan Masjid tertua di Kota Samarinda. arsitektur asli masih dipertahankan. terletak di Jalan Pangeran Bendahara Rt.07 Nomor. 20, Kelurahan Masjid, Kecamatan Samarinda Seberang.

Masjid ini didirikan pada tahun 1881 oleh Said Abdurachman bin Assegaf dengan gelar Pangeran Bendahara.

Bangunan masjid terbuat dari bahan Kayu Ulin. proses pembangunan masjid memerlukan waktu 10 tahun. Hingga saat ini arsitektur masjid yang selesai dibangun tahun 1891 itu tak ada yang berubah.

Masjid ini termasuk cagar budaya, yang dilindungi UU Nomor 5 tahun 1992 tentang benda cagar budaya




Rumah Lamin Cagar Budaya

Rumah adat Khas Kalimantan Timur ini terletak di Jl. Pangeran Bendahara, Mesjid, Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

Photo Credit by Arief Firmansyah

Kampung Tenun Samarinda

Kampung Wisata Tenun Samarinda terletak di Gang Pertenunan Jl. Panglima Bendahara Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

Kampung yang didominasi penduduk Suku Bugis yang memiliki keahlian menenun sarung khas Samarinda dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

Di sekitar Gang Pertenunan banyak toko-toko yang menjual berbagai macam kain Sarung Samarinda serta pakaian hingga peci.

Jika ingin melihat proses penenunan sarung Samarinda, bisa langsung melihat di dalam Gang Pertenunan. proses penenunan dilakukan didepan rumah penduduk agar para wisatawan dapat melihat langsung prosesnya dan bisa ikut berfoto.

Desa Budaya Pampang

Desa Pampang merupakan sebuah desa budaya yang terletak di Sungai Siring, Kota Samarinda, Propinsi Kalimantan Timur yang menjadi objek wisata andalan dari kota Samarinda.

Untuk menikmati keunikan budaya khas suku Dayak di Desa Pampang, Anda harus menempuh perjalanan sejauh 23 kilometer dari pusat kota Samarinda. Perjalanan sendiri harus melalui jalan poros Samarinda – Bontang. Letak Desa Pampang berada di bagian kiri jalan poros sebelum Bandara Sungai Baru. Dari papan nama di pintu masuk menuju kawasan Desa Dayak, wisatawan masih harus menempuh jarak kurang lebih 1 kilometer menuju lokasi. Secara rutin setiap pekan masyarakat lokal Desa Pampang mengggelar pertunjukan tarian adat Suku Dayak. Bagi wisatawan yang ingin menikmati sajian tarian adat tersebut bisa datang hari Minggu atau sehari sebelumnya, karena pagelaran ini hanya digelar setiap hari Minggu dari pukul 14.00 WITA – 15.00 WITA. Tarian adat Suku Dayak ini digelar di rumah adat yang disebut Lamin Adat Pamung Tawai.


Taman Lampion

Kota Samarinda memiliki 3 taman lampion yang berada di sepanjang tepi sungai Mahakam.

lokasi pertama berada di depan Kantor Gubernur Kalimantan Timur yaitu di Jalan Gadjah Mada.

lokasi kedua yaitu Teluk Lerong Garden yang terletak di samping SPBU Teluk Lerong jalan RE Martadinata.

lokasi ketiga yaitu Mahakam Lampion Garden yang terletak di Jalan Slamet Riyadi No.75, Karang Asam Ilir. hanya di taman lampion ini pengunjung di pungut bayaran Rp.10.000,-.







Air Terjun Berambai

air terjun Berambai terletak di Sempaja Utara, Samarinda Utara, Kota Samarinda. aksesnya cukup jauh tetapi hanya memerlukan waktu trekking 5-10 menit dari tempat parkir kendaraan pengunjung.

Gua Pampang

Gua Pampang sejalur dengan Air Terjun Berambai namun memerlukan waktu trekking yang lebih jauh dan lebih lama yaitu sekitar 1-1,5 jam dengan jalur yang curam dan licin.

diantara jalur air terjun Berambai hingga ke Gua Pampang terdapat 2 camping ground yang sering digunakan untuk kegiatan perkemahan kampus atau Sekolah. ada sebuah bangun semi permanen beratap tanpa dinding untuk tempat beristirahat.

Gua Pampang memiliki 2 akses masuk dan berukuran cukup besar. memiliki koleksi stalagmit dan stalaktit yang sedikit dan aliran sungai kecil didalamnya.





Air Terjun Tanah Merah

Air terjun Tanah Merah adalah sebuah air terjun yang terletak sekitar 14 km dari pusat Kota Samarinda, tepatnya di Dusun Purwosari, Desa Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara. Air Terjun Tanah Merah hanya memiliki ketinggian sekitar 15 meter.













Kebun Raya UNMUL Samarinda

Air terjun Tanah Merah adalah sebuah air terjun yang terletak sekitar 14 km dari pusat Kota Samarinda, tepatnya di Dusun Purwosari, Desa Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara. Air Terjun Tanah Merah hanya memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

Koleksi flora dan fauna yang ada di Kebun Raya Samarinda ini cukup banyak. Berbagai fasilitas disediakan di kawasan wisata ini, mulai dari lapangan parkir, jalan untuk menuju lokasi wisata yang sudah beraspal, taman hiburan anak, panggung pertunjukan, warung makan, delman, museum kayu, gazebo, kolam pemancingan, bianglala, komedi putar dan masih banyak lainnya.

You Might Also Like:
bottom of page