top of page

Kuliner Tradisional Desa Kedang Ipil, Kutai Kartanegara

Beseprah, adalah tradisi makan bersama oleh masyarakat Kutai dalam setiap acara atau perhelatan adat. makan saling berhadapan antar tamu dengan jejeran menu makanan tradisional khas suku kutai disajikan ditengah. beseprah menjadi ciri khas acara adat Suku Kutai, biasanya beseprah diadakan pada festival Erau di Kota Tenggarong, acara peringatan ulang tahun Kota Tenggarong dan juga di acara peringatan ulang tahun Desa Kedang Ipil yang saya datangi bersama teman-teman pada 16-17 Nopember 2018.

Menu makanan tradisional sangatlah sederhana tapi sangat enak dan pastinya sehat. ada sayur asam, sayur bening, sayur keladi, sop ayam, ada tumis daun singkong dan kangkung. ada sambal bawang daun yang terbagi menjadi 3 macam olahan, ada yang dicampur dengan suwiran daging ikan goreng, ada yang dicampur mangga muda, ada yang dicampur dengan cabai. ada olahan ketan seperti lemang dan piadung. ada ikan biawan goreng dan yang asin. semua bahan makanan ditanam, dikumpulkan dari kebun dan diolah di bersama-sama oleh masyarakat desa. tua muda, panitia acara hingga tetua adat ikut serta dalam menjamu tamu wisatawan. dari orang tua hingga anak-anak semua bergantian mengangkat makanan dan peralatan makan yang perlu diganti untuk tamu yang makan. disini terlihat sekali indahnya kraje betulungan atau nilai kegotong royongan yang dipegang teguh oleh masyarakat desa Kedang Ipil. jamuan sederhana tapi jika dinikmati dengan suasana kekeluargaan seperti yang terlihat difoto, maka Nikmat Tuhan yang mana bisa kau dustakan. kau tak kan meminta yang lebih dari pada yang disajikan. perfecto!

Buat kalian yang ingin berkunjung ke desa kedang ipil, harap catat nih! ingat ya, pertengahan Nopember selalu ada agenda acara peringatan ulang tahun desa kedang ipil dan pada bulan april 2018 nanti ada acara Nutuk Baham. setiap perhelatan adat di desa kedang ipil, selalu ada acara jamuan makan bagi tamu yang datang ke desa ipil. kalian bisa ikut menginap di rumah penduduk desa. kalian juga bisa mengikuti rangkaian acara dan berbaur dengan masyarakat desa. kalian bisa belajar membuat lemang, mengasak padi atau menanam padi gunung, menikmati keindahan air terjun, trekking, tubing, dan menikmati keindahan desa yang dikelilingi hutan alami. apalagi jika sedang musim buah, maka desa kedang ipil menjadi surga buah-buahan. follow grup fb mahakam explore, jelajah, atau follow fb Innal Rahman untuk mengetahui agenda wisata Desa Kedang ipil dan Kutai Kertanegara. so see you there... on Nutuk Baham Festive 2018 :*

You Might Also Like:
bottom of page